Begitu Kecilkah “ DIA “


“ Jangan kamu bandingkan mahluk dengan ALLAH, kalau mau mencari perbandingan maka bandingkan dengan sesama mahluk. Kalau kamu membandingkan saya dengan ALLAH, begitu kecilnya ALLAH karena disamakan dengan mahlukNYA” begitu penjelasan teman saya menanggapi pujian saya kepada dia yang telah berhasil mengajukan proposal penelitian dengan dana yang cukup besar. Pada saat itu saya memuji dia hebat dan mendengar jawaban dia bahwa ada yang lebih hebat maka saya katakan ke dia “iya ALLAH yang Maha Hebat” maka mengalirlah kata-kata yang membuat saya tertegun, karena terus terang baru teman saya ini yang memberikan jawaban seperti itu, biasanya jawaban yang saya terima “ Iya ALLAH lah yang Maha Hebat “.

Penjelasan teman saya itu membuat saya merenung, apakah selama ini saya sudah melakukan kesalahan besar karena membandingkan ALLAH Yang Maha Sempurna dengan ciptaanNYA yang tidak mempunyai kemampuan apapun. Hanya Allah Pemilik segala sifat kesempurnaan, sedangkan manusia tidak layak memakai pakaian kebesaran Allah.

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk)Nya, tidak mengantuk dan tidak pula tidur. Milik-Nya segala apa yang ada di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa seizin-Nya. Allah Mengetahui apa-apa yang ada di hadapan dan di belakang mereka. Sedangkan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah luasnya meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan adalah Allah Maha Tinggi lagi Maha Agung”. QS:2:255.

Kembali saya merenung….namun saya belum mampu menguraikan makna dan hikmah yang tersurat dalam ayat di atas dan kalimat teman saya,  saya hanya bisa merenung dan mencoba untuk lebih banyak belajar lagi. Ya ALLAH Ya Rabb….berilah hamba kemampuan untuk memahami apa yang telah ENGKAU wahyukan kepada Rasul MU….

By : RYanti

Tinggalkan Balasan

