Kisah Yang Penuh Hikmah


Di sebuah angkot jurusan Harapan Indah, duduk seorang gadis cantik berwajah oriental, dengan penampilan yang cukup menunjukkan bahwa dia dari kalangan menengah ke atas. Jam tangan yang bagus dan bermerek dengan membawa 2 buah tas trendy.

Ketika memasuki kawasan perumahan Harapan Indah, dia meminta pak sopir untuk berhenti, namun karena angkot sudah di posisi tengah maka sopir berusaha berhenti hanya sedikit  ke pinggir, sehingga angkot masih agak jauh dari tujuan si Gadis.

Dengan wajah yang kesal dia turun dan ketika memberikan ongkos si gadis melempar duitnya ke pak sopir diiringi dengan ucapan kemarahannya yang ditujukan ke pak sopir, menerima sikap gadis tersebut sopir tidak terima, maka mengalirlah kata-kata makian untuk si gadis bahkan keluar 2 nama binatang haram yang ditujukan kepada si gadis.

Melihat kejadian tersebut, seorang Ibu yang duduk disebelahku berkata “hanya karena uang 4000 rupiah sampai segitu marahnya, padahal jaraknya juga ga terlalu jauh dari tujuannya”. Saya hanya tersenyum. Namun dari kejadian ini saya banyak belajar, ternyata amarah yang datangnya dari setan bisa menjatuhkan nilai kita di hadapan orang lain dan bisa jadi orang mendo’akan keburukan kepada kita..Na’udzubillah…..Benarlah apa yang dikatakan Rasul bahwa setelah peperangan Badar ada satu peperangan besar yang harus dihadapi oleh umat muslim yaitu “perang melawan hawa nafsu “.

Salah satu melawan hawa nafsu itu yaitu melawan nafsu marah, amarah yang tidak terkendali akan menyebabkan banyak kerugian untuk diri kita sendiri dan orang lain. Terlebih lagi jika hanya untuk masalah kasus kecil seperti kisah di atas, hanya karena tempat berhenti yang kita tuju terlewat beberapa meter kita rela mempermalukan dan menjadikan diri kita untuk dimaki-maki, memang dibutuhkan kebesaran hati untuk menyikapi satu keadaan tertentu yang tidak kita harapkan, ambillah hikmah dan nilai positif dari setiap kejadian yang kita alami. Alangkah tentramnya hati kita jika kita menemui suatu kondisi atau lingkungan yang dibangun dengan kesabaran dan bukan dengan amarah.

By : Ryanti

Iklan

11 responses to this post.

  1. Posted by yodikeren on Juli 22, 2010 at 2:47 pm

    nice story… 😀

    Balas

  2. tiap insan punya kekasih.ada kekasih yg menemani pd saat sakit hingga mati.ada lagi menemani sampai ke liang lahat.Kemudian semuanya pulang. Ia kini seorang diri,didalam kubur.Kekasih yg
    utama dlh mereka yg ikut kedalam kubur,dan menghiburnya.Aku tdak mendapatinya kecuali amal2 sholeh.Dan akupun mengambilnya,sebagai kekasi…hku.Ia akan menjadi penerang dalam kubur.Ia menghiburku,dan tidak meninggalkan ku seorang diri.

    Balas

    • Smoga saya bisa melakukan amal shaleh yg diniatkan ikhlas krn ALLAH utk menjadi kekasih di dlm kubur nantinya..InsyaALLAH…Amin…Terima kasih udah diingatkan….

      Balas

  3. klu udah tau gitu,,,kejarlah kekasih sejati mu,,,,mbak wur…..

    Balas

    • InsyaALLAH mas….ama mau kejar kekasih lainnya nih…kekasih di dunia, utk menemani perjalanan ke akherat/ridho ALLAH…….Amin…. 🙂

      Balas

  4. Posted by bakar on September 22, 2010 at 10:01 pm

    ikut nyimak ajalah…

    Balas

  5. Posted by nuniek nugrahini on Oktober 18, 2010 at 3:20 am

    cerita sdhn tp ada pelajaran di dlmnya …ijin copy…shukron

    Balas

  6. Iya silahkan…smoga bermanfaat ya…

    Balas

  7. Posted by Ikhsan subhan on September 15, 2011 at 8:50 am

    Selama ini jawaban yg saya cari. . !
    Semua p’buatan baek yg kta lakukan akan t’hapus dgn 1 amarah yg tdk bs kita redamkan. !

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: