Archive for the ‘Diary’ Category

Kisah Yang Penuh Hikmah

Di sebuah angkot jurusan Harapan Indah, duduk seorang gadis cantik berwajah oriental, dengan penampilan yang cukup menunjukkan bahwa dia dari kalangan menengah ke atas. Jam tangan yang bagus dan bermerek dengan membawa 2 buah tas trendy.

Baca lebih lanjut

Sopir Angkot

Kejadian lucu ini saya alami dalam angkot perjalanan pulang dari kerja, kejadian ini menurut saya lucu karena baru saya lihat ada sopir angkot yang bersikap seperti sopir angkot yang saya tumpangi.

Baca lebih lanjut

Tersudut, Antara Adat dan Syariat

Pada tulisan kali ini, saya akan menceritakan pengalaman dari seorang teman saya, sebut saja “Rya”. Rya adalah seorang gadis yang usianya sudah matang namun hingga menjelang usia 40 tahun, dia belum juga menikah. Keinginan Rya untuk menikah sangat kuat tapi ternyata ALLAH memberikan ujian kepada dia untuk bersabar. Bersabar dalam menanti pertemuan dengan pendamping hidupnya, bersabar dalam menghadapi sikap orang-orang yang berniat menjadikannya istri ke 2, 3 ataupun 4, bersabar dalam menghadapi pertanyaaan yang dilontarkan “kapan kamu nikah”, bersabar dalam menjalankan ketentuan ALLAH, dan bersabar dalam segala hal. Bukankah sabar itu tidak ada batasnya, karena sabar adalah setengah dari iman.

Baca lebih lanjut

“JODOH”, Rahasia Illahi

“Mba Puji dah diboyong ke Bontang..???”  saya kaget mendengarnya,hanya beberapa hari setelah pernikahanannya, teman saya ini sudang diboyong suaminya …Sahabat saya ini, sebut aja Mba Puji adalah seorang wanita yang baru saja melepas masa lajangnya, dia disunting oleh ikhwan yang kerja di daerah Bontang. Pada acara pernikahannya saya tidak hadir karena sepupu saya juga menikah di hari yang sama, 2 hari sebelum pernikahannya saya sengaja datang ke rumahnya untuk bertemu dengan dia, saya ingin berbagi cerita sebelum dia nikah..tapi sayang sekali pada hari itu dia tidak ada di rumah.

Baca lebih lanjut

Begitu Kecilkah “ DIA “

“ Jangan kamu bandingkan mahluk dengan ALLAH, kalau mau mencari perbandingan maka bandingkan dengan sesama mahluk. Kalau kamu membandingkan saya dengan ALLAH, begitu kecilnya ALLAH karena disamakan dengan mahlukNYA” begitu penjelasan teman saya menanggapi pujian saya kepada dia yang telah berhasil mengajukan proposal penelitian dengan dana yang cukup besar. Pada saat itu saya memuji dia hebat dan mendengar jawaban dia bahwa ada yang lebih hebat maka saya katakan ke dia “iya ALLAH yang Maha Hebat” maka mengalirlah kata-kata yang membuat saya tertegun, karena terus terang baru teman saya ini yang memberikan jawaban seperti itu, biasanya jawaban yang saya terima “ Iya ALLAH lah yang Maha Hebat “.

Baca lebih lanjut

BENARKAH, DO’A MAIN-MAIN ??

Terkejut…itulah yang terjadi pada saya ketika membaca sebait kalimat “ Do’a Main-Main”, sebuah judul tulisan dari salah satu Group di jejaring Facebook, banyak pertanyaan yang muncul di kepala saya membaca judul tulisan itu,  Main-Main seperti apa yang bisa dilakukan dalam berdo’a, itulah yang sempat terpikir oleh saya pada saat membaca judul tersebut.

Baca lebih lanjut

BERSYUKUR KARENA TIDAK SEMUA DOAKU DIKABULKAN

Banyak orang yang terpuruk dalam kesedihan yang panjang karena kegagalan, karena keinginan dan doa-doanya tidak terkabul.
Bahkan ada yang sampai bunuh diri karena kegagalan tersebut dirasakan sebagai kegetiran hidup yang sudah tidak kuat untuk dihadapi sehingga lompat dari gedung yang tinggi, narkoba, mabok-mabokan dsb.
Anda pernah sedih yang luar biasa karena anda gagal menggapai impian Anda dan merasa do’a-doa Anda tidak dikabulkan Tuhan?
Bisa jadi Tuhan sayang dengan Anda dan Tuhan mempunyai rencana lain. Tapi kita tidak tahu rencana Tuhan sampai kita mengetahuinya…

Berikut ini kisah Frank Slazak yang bisa diambil sebagai pelajaran:

Baca lebih lanjut

Amanah ……

Assalamu’alaikum Wr Wb

Alhamdulillah…..setelah lama ga buat coret-coretan ada rasa  kangen tersendiri, padalah saya bukan orang yang pinter bermain kata-kata…tulisan yang saya buat selalu terkesan kaku ( hehhe…mau dilemesin gimana caranya yach…) Hari ini saya menulis karena ada amanah yang sudah lama dititpkan, dan selama itu pula saya selalu ingat tapi untuk menulisnya saya belum sempat, saya ga mau amanah itu terbawa sampai saya meninggal…karena itu akan memberatkan hisab di akherat kelak. Untuk teman yang memberikan amanah ini, maaf saya baru bisa menjalankan amanah itu.

Udah penasaran ya …amanah apa sih yg diberikan ke temen saya itu? Temen saya ingin di blog saya dimasukan sebuah surat pernyataan dari seorang artis yang  insyaALLAH sudah menemukan jalan ALLAH dan dia mengharapkan pemberitaan tentang dia di dunia keartisan tidak dimuat lagi, semoga beliau selalu diberi kekuatan oleh ALLAH dan istiqomah dijalanNYA…Amin…Hanya ini yang bisa saya sampaikan…

Untuk temen-temen yang berkunjung ke blog saya silahkan buka link nya di

http://zmarei.blogspot.com/2008/12/soraya-abdullahs-statement-for-media

“Saling nasehat menasehatilah kalian dalam kebaikan dan kesabaran”

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Perkenankan Aku Mencintai-Mu Semampuku

Tuhanku,
Aku masih ingat, saat pertama dulu aku belajar mencintai-Mu.
Kajian demi kajian tarbiyah kupelajari,
untai demi untai kata para ustadz kuresapi.
Tentang cinta para nabi, tentang kasih para sahabat,
tentang mahabbah orang shalih, tentang kerinduan para syuhada.
Lalu kutanam di jiwa dalam-dalam,
kutumbuhkan dalam mimpi idealisme yang mengawang di awan.

Baca lebih lanjut

“Jika Aku Menjadi” dan “Termehek mehek”

Ternyata udah lebih dari 2 bulan saya ga buka-buka blog saya, kasihan ditelantarkan hehe….Kangen juga ya pengin posting artikel yang bagus n bermanfaat untuk saya, mudah2an juga untuk temen-temen yang berkunjung ke blog saya.

Oh ya …saya mau  sedikit cerita nih, udah hampir 2 bulan ini saya selalu menunggu acara favorit di Trans TV, setiap sabtu atau minggu jam 18.00 WIB ( jam enam sore ). Acaranya “Jika Aku Menjadi…” dan ” Termehek-mehek “….itulah dua acara yang jadi masuk daftar tontonan favorit saya dan ternyata waktu saya silaturahim ke rumah pakde saya, ternyata anak-anaknya juga penonton setia hehhe..

“Jika Aku Menjadi..” adalah suatu paket acara yang mengemas sebuah perjalanan seseorang selama beberapa hari untuk merasakan pengalaman hidup orang lain.  Kisah perjalanan inilah yang membuat kita jadi lebih sadar, lebih  respek, lebih sensi terhadap keadaan orang lain dan mungkin yang lebih jauh lagi semoga hati kita jadi lebih lembut lagi.

Ternyata masih banyak saudara-saudara di tempat lain atau mungkin disekeliling rumah kita sendiri, untuk makan sehari-hari saja mereka susah. Pernah dikisahkan, ada bapak tua yang tinggal sebatang kara hidup dari hasil dia bekerja sebagai buruh tani,yang penghasilannya tidak seberapa. Kaki bapak ini tinggal satu, dengan menggunkan tingkat dia bekerja, rumahnya sudah  tidak layak dihuni, kasur untuk tidur saja sudah tidak karuan bentuknya. Tahu ga temen-temen?… apa yang dia makan ketika  itu, dia makan nasi yang sudah basi yaitu nasi 3 hari yang lalu, tapi bapak itu tidak pernah mengeluh atas nasibnya, dia tetap bersyukur….Oooohh…ternyata kita yang masih bisa makan tiga kali sehari, nasi lengkap dengan lauknya masih sering mengeluh bahkan mencaci makanan tersebut.

Sedangkan untuk acara “Termehek mehek “, terus terang  saya tadinya sudah memvonis bahwa acara itu berisi kisah cinta anak-anak jaman sekarang. Tapi ternyata sekali saya menonton membuat saya ketagihan, walaupun memang ada juga kisah cinta anak-anak SMA tapi tidak dominan. Acara ini sifatnya membantu orang mencari kerabat, teman atau bahkan pacar yang sudah lama tidak diketahui rimbanya. Kenapa saya suka acara ini, pernah di satu episode ada seorang cucu yang mencarikan kakeknya untuk neneknya, karena cucu itu hanya memiliki kedua orang tua itu. Neneknya terpisah dari kakeknya ketika jaman perang, dimana desa tempat tinggal mereka hangus dibakar oleh penjajah. Ketika kakeknya kembali dari perang menemukan desanya sudah terbakar dan mencari-cari neneknya tapi tidak berhasil. Ketika itu si nenek sedang hamil, akhirnya mereka terpisah hingga si cucu sudah besar dan mengetahui cerita ini. Neneknya yang sudah sakit-sakitan membuat si cucu berniat mempertemukan mereka. AKhirnya melalui tim Termehek-mehek dia dapat mempersatukan kembali kakek dan neneknya. Cerita yang mengharukan….

Yaaacchh….begitulah ceritanya, yuuuk…kita nonton dua tayangan tersebut temen-temen…

By : Bidadari08

Matahari itu Berwarna Kuning Jingga

Alhamdulillah pas jam 18.15 saya sudah sampai di rumah, itu adalah waktu tercepat saya sampai rumah karena selama kantor saya pindah di Bekasi, saya sampai rumah selalu malam dan paling cepat jam 19.30. Tapi kemarin itu saya rasakan nikmat sekali bisa pulang cepat, waktu yang tersedia untuk melakukan aktifitas jadi lebih banyak tersedia. Selain aktifitas rutin, saya juga masih bisa ketemu ponakan saya yang lucu. Namanya Haifa, umurnya 1 tahun 5 bulan. Semalam dia bergaya jalan nenek-nenek, badannya yang mungil dia bungkukkan sedikit, terus jalan dengan agak sempoyongan…lucu sekali.

Dalam perjalanan pulang, saya juga masih bisa melihat matahari terbenam, orang-orang sering menyebutnya Sunset, untuk melihat Sunset ini ada sebagian orang harus menempuh perjalanan sampai ke pantai atau bila perlu pantai yang di Bali…( padahal keindahan alam yang ALLAH ciptakan bukan hanya Sunset ). Kalau saya ingin sekali melihat langit dan bintang-bintangnya dari pinggir pantai atau di atas gunung, mau tau kenapa….Dulu waktu saya pulkam ( pulang kampung ), dalam perjalanan ke rumah mbah saya pada malam hari, waktu itu belum ada listrik. Saya disarankan oleh kakak saya untuk melihat ke atas supaya tahu jalan ( aneh yach…kalau ada lubang gimana coba ? ), katanya memang begitu kalau jalan di kegelapan malam, yang menjadi petunjuk adalah dengan melihat ke atas langit. Pada saat melihat ke atas langit, saya benar-benar kaget. Langit terasa lebih dekat dan bintang-bintang juga terlihat lebih terang dan banyak sekali. Kalau di Jakarta saya ga pernah melihat langit sedekat itu, di Jakarta langit terasa jauh dan bintang pun terangnya terlihat redup, mungkin karena polusi debu yang sudah terlalu tinggi.

Matahari pada sore itu terlihat bulat sempurna dan besar dihiasi warna kuning jingga dan tak berapa lama kemudian warna nya berubah menjadi merah jingga, tapi bukan merah yang bikin sakit mata…Aduh saya sulit melukiskannya…Benar-benar Subhanallah indahnya….Mudah-mudahan temen-temen juga melihatnya ya…

Saya juga jadi teringat, dulu ada temen yang rajin memberitahu fenomena keindahan alam. Dia kirim SMS ” Coba deh anti liat. Di langit yang cerah, ada apa coba ? berwarna kuning jingga” begitu dia memberitahu saya. Tapi sayangnya waktu itu saya tidak bisa melihat keindahan alam yang dia beritahu.

Memang kita harus sering memperhatikan kebesaran ciptaanNYA, karena dengan begitu kita menjadi lebih dekat dan tunduk kepada NYA…Subhanallah …Alhamdulillah wallahu  Akbar…..

Ditulis oleh : Yanti

Teman Sejati

Semalam saat mata saya sudah tidak mau diajak kompromi yang akhirnya saya memanjakan dengan segera berangkat tidur. Tapi ketika saya hampir lelap tiba-tiba handphone saya berbunyi ” SMS dari siapa sih ?” begitu tanya saya. Dengan sekuat tenaga karena kondisi tubuh yang capek, saya berusaha bangun untuk meraih handphone. Dengan mata yang masih berat untuk dibuka, saya buka pesan yang masuk. Oh dari seorang temen yang sama-sama aktif di kegiatan baksos, kemudian saya baca isi pesan tersebut, kata demi kata terangkai dengan terpisah per bagian kata mungkin untuk memperjelas maksud dari kalimat tersebut ” Teman terbaik itu seperti KOMPUTER. ENTER ke dalam hidupmu. SAVE di dalam hatimu. FORMAT didalam otakmu. Dan jangan pernah DELETE diriku dari MEMORY mu. ” Begitu isi pesan dari teman saya, sebut saja Neneng.

Beberapa hari yang lalu dia juga kirim sms yang isinya hampir sama, tentang arti sahabat. Sekalian aja saya kasih tau isi smsnya ya… Bunyi sms nya begini ” Teman Sejati bukanlah yang selalu di depan mata atau yang senantiasa di sisi..Tapi, Dia selalu setia di hati dan diingat dalam setiap bisikan Do’a “.

Terus terang saya sangat tersentuh dengan isi sms tersebut dan saya merasa bahagia serta bersyukur karena bertambah lagi teman yang menganggap saya sebagai teman sejatinya. Dan akan lebih indah lagi apabila pertemanan juga dilandasi oleh kekuatan cinta kepada yang Maha Pemberi Cinta. Oh ya sekedar info aja, saya belum lama dekat dengan Neneng, kami mulai dekat ketika acara baksos pengobatan gratis dan dia sempat curhat ke saya. Nah sejak itu kalau ketemu di setiap kegiatan Neneng suka sharing atau curhat ke saya.

Untuk Neneng atau teman-teman yang lain, semoga saya bisa menjadi sahabat sejati untuk teman-teman semua. Semoga tidak ada kedukaan dan kesalahan yang saya buat selama saya berteman dengan teman-teman semua, saya masih banyak kekurangan maka .. Mari kita saling menasaheti dalam kesabaran dan kebenaran, agar kita bisa berteman sampai di surga nanti. Amiin…

Ditulis oleh : Yanti

GEROBAK RUMPUT

Di tengah kemacetan jalan raya, gerobak kayu yang dipenuhi oleh rumput hingga menjulang tinggi lebih dari badan gerobak menjadi pemandangan setiap sore atau menjelang malam. Seorang bapak tua dengan badan yang kurus, kulit hitam legam juga peluh yang memenuhi wajahnya, berusaha dengan sekuat tenaga menariknya dan bersaing dengan pengendara lain.

Mungkin pemandangan tersebut tidak akan menjadi sesuatu yang menarik apabila dilakukan di tempat yang masih banyak ditumbuhi oleh tanaman atau pohon-pohon. Di kota Jakarta dimana kebun atau pohon – pohon sudah digantikan oleh gedung-gedung perkantoran atau Mall, maka bisa dibayangkan betapa sulit dan jauhnya perjalanan yang harus ditempuh untuk mendapatkan rumput tersebut.

Saya pernah memperhatikan gerobak rumput itu keluar dari jalan alternatif di sudut kota Jakarta Timur yang berbatasan dengan Bekasi. Dan tidak tahu sudah berapa kilo yang ditempuh untuk keluar jalan alternatif tersebut. Perjalanan kemudian dilanjutkan menempuh jarak yang lumayan jauhnya, karena gerobak itu masuk lagi ke jalan altenatif lain di ujung perbatasan Jakarta Timur di jalan ke arah PIK ( perkampungan industri kecil )…Oh bisa dibayangkan betapa susahnya gerobak tersebut ketika macet, dan betapa lelahnya Bapak penarik gerobak, setiap hari berjalan berkilo kilo meter hanya untuk segerobak rumput. Rumput yang menjadi barang langka di Jakarta.

Sekali lagi, setelah sekian tahun saya tidak pernah melihat pemandangan penarik gerobak rumput itu dan sekarang ini hampir setiap hari saya melihatnya…reaksi yang saya berikan juga masih sama seperti dulu…Menarik nafas panjang sambil berkata dalam hati ” kasihan “…Ya ALLAH semoga apa yang dilakukan Bapak itu adalah jalan baginya untuk mendapatkan keberkahanMU, berikan kesabaran dan ketabahan pada dirinya…Amiin….

By : Yanti